TOTO HARYANTO

Sedikit goresan menebar manfaat …..

MENGGUNAKAN FONT WINDOWS DI UBUNTU

Posted by totoharyanto on September 13th, 2010

Terkadang apabila kita menggunakan Linux, font-font tertentu yang biasa kita gunakan di windows, tidak kita temukan di Linux (pada artikel ini saya gunakan distro Ubuntu). Akibatnya tidak jarang ketika kit asudah membuat tulisan di sistem operasi windows dan dibuka di Ubuntu, justru formatnya berubah dan menggangu. Oleh karena itu, semoga artikel ini sedikit membantu mengatasi masalah tersebut bagi yang hendak migrasi ke Linux (Ubuntu). Berikut adalah langkah-langkah yang dapat ditempuh.

  1. Pada sistem operasi windows, cari folder font (biasanya terdapat di C:\Windows\fonts) jika Anda menggunakan windows XP Profesional atau Home Editions
  2. Pastikan bahwa isi dari folder font tersebut adalah file dengan extensi .ttf. Gambar di bawah ini adalah contoh folder yang dapat anda lihat:



3.   Copy semua isi dari folder font tersebut. Atau bisa juga Anda simpan dalam folder baru dengan nama windows_font. Ini                 disesuaikan dengan kebutuhan.

4.  Langkah berikutnya adalah meng-copy folder font tersebut ke sistem operasi linux agar dikenali. Permasalahannya                           adalah dimana letak font pada Ubuntu tersebut. Pada Ubuntu, font terdapat pada direktori /usr/share/fonts#

5.  Untuk dapat masuk ke direktori ini terlebih dahulu anda harus berpindah sebagai root. Lakukan sebagaimana pada                         Ubuntu dengan mengetikkan perintah sudo su untuk bisa login sebagai admin. Perhatikan gambar berikut:

6.  Berikutnya adalah menyimpan folder font (atau windows_font) ke dalam folder truetype. Hasilnya adalah sebagai                            berikut:

7. Setelah menyimpan folder tersebut. Maka font-font yang biasa kita dapatkan di Windows akan bisa ditampilkan. Berikut               contohnya pada aplikasi OpenOffice Writer versi 3.2:


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>