TOTO HARYANTO

Sedikit goresan menebar manfaat …..

Jika Tak Mampu Menjadi Bulan Jadilah Matahari

Posted by totoharyanto on November 22nd, 2012

Kisah ini adalah salah satu dari kisah yang  saya ambil dari sebuah buku dengan Judul Asli:
” Haakadza… Tahaddatsas Salaf ”
denga judul terjemahan edisi Indonesia:
” Potret Kehidupan Para Salaf ”

Selamat Membaca:

Pada suatu hari, Abu Sulaiman Ad-Darany berkata pada muridnya yang bernama Ahmad bin Abi Al-Hawary: “Wahai Ahmad jadilah kamu bintang, jika tidak mampu menjadi bintang, maka jadilah kamu bulan dan  jika tidak mampu menjadi bulan, maka jadilah kamu matahari.”

Kemudian Ahmad menjawab: ” Wahai Abu Sulaiman, sesungguhnya bulan lebih terang daripada bintang  dan matahari lebih terang daripada bulan, mengapa Anda membalik urutannya ?

Abu Sulaiman menjawab : “Wahai Ahmad, yang aku maksud adalah jadilah kamu seperti bintang yang muncul di awal malam dan tenggelam di waktu fajar, maka bangunlah untuk beribadah kepada Rabb-Mu sejak awal malam hingga akhir malam. Jikalau kamu tidak mampu sholat malam setiap hari, maka jadilah kamu laksana bulan, yang terbit pada sebagian malamkemudian lenyap, maka bangunlah pada sebagian malam untuk beribadah kepada Rabb-Mu. Jika kamu tidak mampu juga untuk sholat malam, maka jadilah kamu laksana matahari, terbit sejak awal siang hingga tenggelam matahari. Jika kamu tidak kuasa untuk sholat malam, maka janganlah kamu sekali-kali bermaksiat kepada Alloh di siang harinya.


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>