TOTO HARYANTO

Sedikit goresan menebar manfaat …..

Representasi Pengetahuan /Knowledge Representation

Posted by totoharyanto on March 23rd, 2014

Representasi pengetahuan

“ KR is a subarea of artificial intelligence concerned with understanding, designing, and implementing ways and impementing  ways of representing information so that program can use it”

Di dalam pengembangan sistem pakar, representasi pengetahuan merupakan tahap yang memiliki peran penting. Mengapa demikian? Hasil akuisisi pengetahuan yang dilakukan oleh Knowledge Engineer (KE), tidak menjamin pengetahuan yang dihasilkan diperoleh secara terstruktur dan tidak ambigu. Untuk memudahkan pengetahuan tersebut masuk ke dalam basis pengetahuan, dilakukan proses yang disebut representasi pengetahun / Knowledge Representation.
Jadi, representasi pengetahuan secara mudah saya artikan sebagai cara untuk menjadikan pengetahuan lebih terstruktur. Karena karekateristik pakar, jenis pengetahuan dan data yang sangat beragam, ini pula yang menyebabkan adanya berbagai teknik dalam representasi pengetahuan. Berikut beberaapa teknik akuisisi pengetahuan yang ada:

1. Object – atribut – value (OAV) triplet
2. Rules
3. Semantic Network
4. Frame
5. Predicate Logic
6. Fuzzy Representation

Berikut penjelasan dari setiap teknik.
1. Object – atribut – value (OAV) triplet
OAV merupakan cara representasi pengetahuan yang menjadikan suatu fakta/pengetahuan memiliki objek. Setiap objek memiliki satu atau lebih atribut dan setiap atribut tersebut memiliki suatu nilai / value. Artinya pada saat Knowledge Engineer (KE), melakukan akuisisi harus mampu untuk melihat fakta/pengetahuan dari sisi OAV. Ilustrasi berikut menjelaskan contoh OAV.

OAV

Pada contoh di atas, adalah contoh dari OAV. Baik Chair dan Ball adalaha objek, sedangkan color, diameter, weight adalah atribut dari objek tersebut. Adapun ‘brown’, ‘1 meter’ dan ‘100 gram’ adalah value dari atribut yang ada. Pada praktiknya, kalau kita mempelajari CLIPS (C Language Integrated Production System) konsep OAV tersebut terlihat pada saat mendefinikan fakta. Berikut contohnya

contoh OAV

 

fig. 2  Example OAV in CLIPS

Bersambung ………………………………………………

 

 


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>