TOTO HARYANTO

Sedikit goresan menebar manfaat …..

IPB Siap Cek Kesehatan Pohon di Kebun Raya Bogor

Posted by totoharyanto on January 21st, 2015

Jika pernah mendengar berita tumbangnya pohon di Kebun Raya Bogor (KRB) sekitar kurang lebih tiga minggu yang lalu, tentu kita sangat berduka karena dampaknya menelan korban. Empat orang menginggal dunia tertimpa pohon tersebut. Kemarin saya membaca beriata IPB (Pariwara IPB volume 183). Ada judul yang menarik untuk saya baca “IPB SIAP Cek Kesehatan Pohon di KRB” begitu kira kira salah judulnya. Menurut Prof.Dr.Naresworo dekan Fakultas Kehutanan menyampaikan bahwa beliau sudah mengirimkan surat kepada pihak KRB yang isinya menyatakan IPB siap untuk membantu mengecek kesehatan pohon di kebun raya bogor. Hal ini dilakukan agar untuk ke depan tidak terjadi kejadian yang serupa.

IPB dalam hal ini memiliki teknologi terkini untuk mengecek kondisi kesehatan pohon. Rupanya tidak hanya hewan saja yang bisa diuji kesehatannya, namun pohon juga bisa (red.). Menurut Prof.Naresworo, pohon merupakan aset yang memiliki value baik dari sisi historis maupn ekonomi sehingga kita perlu untuk mengetahui kondisi riil-nya. Selama ini pohon yang sehat dapat diketahui secara visual oleh pakar di bidang tersebut. Namun demikia, keterbatasannya adalah kemampuan setiap pakar bervariasi sehingga ada kemungkina terjadi perbedaan penilain kondisi kesehatan dari pohon tersebut.

Oleh karena itu, Fakultas Kehutanan IPB mem-propose teknologi Sonic Tomography untuk melakukan deteksi kesehatan pohon. Adalah Prof.Dr. Dody Nandika dan Dr. Lina Karlinasari yang mengembangkan teknologi ini untuk membantu deteksi kesehatan pohon. Teknologi ini berbasis kecepatan rambatan gelombang suara (akustik) da mikro drilling resistance (ketahanan pengeboran). Prinspnya adalah mendeteksi ketidakteraturan kondisi bagian dalam pohon baik berupa bentuk, serangan rayap dan adanya lubang pada pohon.

Menurut Prof.Dodi Nandika, kayu yang maih utuh dan sehat akan memiliki rambatan gelombang yang lebih cepat dibandingkan dengan kayu yang kondisinya tidak sehat. Dengan teknologi Sonic Tomography ini, akan dihasilkan citra bagian dalam bahan yang dihasilkan gelombang suara menembus bagian tersebut. Prof Dodi juga mengutarakan bahwa setiap bagian dalam pohon dapat dicitrakan atau dapat dihasilkan citranya. Semoga dengan teknologi ini akan mencegah musibah seperti yang terjadi di KRB beberapa waktu yang lalu.

 

Nah, bagi rekan-rekan ilmu komputer yang tertarik di bidang image processing,k hususnya rekan-rekan di grup riset  computer vision ipb, semoga menjadi tantangan tersendiri untuk dapat berkolaborasi riset sehingga dapat memberikan manfaat berkelanjutan.

…..:: Semangat::…..

 


6 Responses to “IPB Siap Cek Kesehatan Pohon di Kebun Raya Bogor”

  1. gunawan wibisono Says:

    Mantap, Ternyata tidak cuma manusia yang perlu dicek kesehatannya, pohon juga perlu…

  2. totoharyanto Says:

    Benar Mas Gunawan, Kalau sakit yang repot semua.
    Apalagi jika sudah sampai tumbang…..
    Terima Kasih komentarnya..

  3. faisal Says:

    semoga ngak makan korban lagi, tuh pohon

  4. Fadhly Says:

    Keren sob. 😀

  5. Indra Says:

    Sangat baik pak… IPB sangat tepat untuk memeriksa ‘kesehatan’ pohon di Kebun Raya.

  6. totoharyanto Says:

    Terima Kasih Indra

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>