About Me

Assalamu’alaykum…
Pembaca yang budiman, perkenalkan nama saya adalah toto haryanto. Saya dilahirkan di salah satu kota di jawa barat, Indramayu 17 November 1982. Saya dilahirkan dari pasangan Caca Goembira rahimahulloh dan Iyus Rusyati.  Saya anak ke 2 dari empat bersaudara.

Pendidikan TK sampai dengan sekolah menengah saya tempuh dikota kelahiran. TK Trisula Perwari, SD Negeri Paoman 3 (Sekarang Margadadi 3) dan SLTP N 2 Indramayu (Sekarang SLTPN 2 Sindang). Tahun 1998 saya hijarah ke luar kota untuk melanjutkan pendidikan menengat atas. Alhamdulillah lulus dari SLTP, saya diterima di SMA Negeri 1 Cirebon. Selama tiga tahun di SMA, saya sudah mulai terpisah dengan orang tua alias menjadi anak kost.

Bersyukur saya diterima di SMA Negeri 1 Cirebon, salah satu sekolah dengan banyak prestasi. Tahun 2001 saya berhasil menyelesaikan sekolah SMAN 1 Cirebn dan diterima di perguruan tinggi negeri, Institut Pertanian Bogor (IPB) di tahu yang sama. Alhamdulillah, saya diterima melalui jalur undangan masuk IPB (USMI) tanpa tes atau hanya berdasarkan nilai prestasi raport.  Sekarang  nama seleksinya adalah SNMPTN.

Di IPB, saya diterima di jurusan ilmu komputer, Memang ketika mendaftar saya hanya memilih jurusan itu saja tidak yang lain.  Tahun 2006 saya lulus dari IPB dan menjadi asisten laboratorium plus asistes praktikum mata kuliah. Tahun 2007, saya mendapat kesempatan menjadi tenaga honorer praktikum di depertemen Ilmu Komputer dan mendapat kepercayaan mengajar praktikum di beberapa mata kuliah seperti penerapan komputer, sistem pakar , rangkaian digital dan metoda kuantitatif.

Tahun 2008, saya mendapat kesempatan dan untuk melanjutkan studi S2 di kampus yang sama dengan beasiswa dari departemen ilmu komputer sembari membantu mengajar praktikum beberapa mata kuliah sampai awal tahun 2011 saya kemudian menyelesaikan studi master dengan topik tesis Protein Structure Prediction.  Alhamdulillah pada saaat studi inilah saya mendapatkan jodoh dengan wanita yang samapai sekrang menjadi ibu bagi anak anak. Saya menikah pada tahun 2008 dan diberikan amanah dua putri dan satu putra. Anak pertama lahir pada tahun 2009, kedua lahir pada tahun 2011 dan anak ketiga lahir pada tahu 2013.

Selepas lulus master, baru bisa mengajar kuliah di kelas. Pertenghan tahun 2011 saya mendapat kepercayaan untuk menjadi komisi akademik program magister ilmu komputer sampau tahun 2016 sebelum akhirnya saya  melanjutkan studi Doktoral sehingga harus cuti tugas belajar.

Bulan Juli tahun 2016, saya resmi diterima menjadi mahasiswa Doktor Ilmu Komputer di Fasilkom Universitas Indonesia di bawah promotor Prof. Heru Suhartanto. Selama menjadi mahasiswa S3, promotor memberikan kepercayaan kesempatan untuk mengikuti event ilmiah baik di dalam maupun di luar negeri.

Tahun 2017, saya berkempatan untuk mengikuti workshop sekaligus mempersentasikan penelitian yang sedang dilakukan di acara SEAIP 2017 di Taiwan.  Tahun 2018, saya berkesempatan untuk melakukan mobility student di Eropa,  tepatnya di Universita Pardubice , Czech Republic selama tiga bulan (Juli s.d Oktober). Bulan Oktober 2018 poster kami diterima pada acara PRAGMA meeting di Universitas Sains Malaysia.

Saat ini kami masih menyelesaikan studi S3 di Fasilkom UI.
Mohon doanya ……
Bagi yang akan mengontak silahkan melalui email di alamat berikut:
toto.haryanto@ui.ac.id atau totoharyanto@apps.ipb.ac.id
Salam

Toto Haryanto


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *